1. Identifikasi
dan Letak Keunikan yang ditawarkan Tiga merek atau produk yang sangat
mengandalkan diferensiasi dalam tawaran nilainya (value proposition) :
1. JOGER
Toko
Joger berada di Jl. Raya Kuta Denpasar Bali.
Harga tersedia variasi, misal untuk kaos ada yang di bandrol dengan murah,
sedang dan cukup mahal. Sudah tentu berhubungan dengan kualitas bahan yang
memperngaruhi harga produk (kaos dengan beragam jenis bahan kain).
Keunikan dari Joger adalah didalam merangkai
kata-kata menjadi kalimat yang menarik untuk di letakan sebagai tulisan di kaos
bahkan juga di tas. Kalimat yang unik dan lucu inilah yang membuat cirri khas
dari produk Joger. Bagi kamu yang berkunjung ke Bali lalu bingung ingin membeli
oleh-oleh apa, bisa kunjungi Toko Joger ini, bisa-bisa kamu berbelanja lupa
diri. Oya diseberang Toko Joger ada yang jual durian, bila kamu menunggu
rekanmu berbelanja terlalu lama, kamu bisa makan durian yang enak disana.
2. ROLEX
Rolex menerapkan suatu strategi diferensiasi. Jam tangan Rolex terbuat dari emas dan dibuat dengan tangan dan merupakan subjek dari pengujian kualitas dan keandalan. Reputasi perusahaan membuatnya mampu menetapkan harga ribuan dolar untuk produk jam tangannya.
3. WALLS
Walls
merupakan produsen Ice Cream terfavorit di dunia. Salah satu produk andalan
dari walls adalah Magnum. Para pencinta Ice Cream sangat mengidolakan ice cream
ini walaupun harganya relative mahal. Perbedaan yang mendasar adalah setiap
gigitan dalam ice cream tersebut akan menimbulkan prestige tersendiri karena
mahal namun sangat lezat dan tidak tanggung-tanggung produksinya pun
menggunakan bahan dasar cokelat dari Belgia. Walls juga memproduksi berbagai
jenis ice cream, namun hanya ada satu jenis ice cream yang memiliki café yakni
magnum café yang telah tersebar di seluruh dunia. Hal ini yang mebuat berbeda,
adalah adanya magnum café yang tidak dimiliki oleh kompetitornya. Dengan
beberapa olahan dari ice cream magnum, maka konsumen sangat terbuai oleh
lezatnya ice cream magnum yang hanya di magnum café.
Letak Keunikan Produk WALLS :
1. Produk es krim yang bervariatif dan unik karena
tersedia dalam berbagai rasa dan jenis yang belum pernah ada sebelumnya.
2. Produk es krim pertama dengan kadar lemak yang
rendah.
3. Sumber Daya Manusia yang handal untuk memberikan
pelayanan maksimal kepada konsumen.
4. Suasana gerai yang nyaman dan fasilitas yang
menarik memberikan ketentraman dan suasana tenang bagi konsumen.
5. Metode buffet dan self-service memberikan
keleluasaan pada konsumen untuk berkreasi.
Keterangan
:
1. Produk Es Krim Yang Bervariatif dan Unik
Hill Ice Cream menyediakan berbagai jenis flavor es krim
berkualitas seperti coklat, strawberry,
vanilla, blackcurrant, anggur, dll. Rasa-rasa es krim itu nantinya akan di
display di sebuah etalase khusus yang dilengkapi dengan mesin pendingin agar
menjaga kualitas dan rasa es krim. Sebagai pelengkap, kami pun menyediakan
bahan-bahan penghias sekaligus penambah kenikmatan (toppings) rasa es krim
seperti kismis, ceri, kacang almond, saus tiramisu, melted coklat, melted keju,
madu, dan potongan kecil buah-buahan lainnya. Nantinya konsumen dapat memilih
penyajian es krim itu dengan menggunakan cup, cone, stick,
atau waffle.
2. Produk Es Krim dengan Kadar Lemak yang Rendah
Produk es krim khusus diperuntukan konsumen yang concern
terhadap kelebihan berat badan, efek dari mengkonsumsi es krim. Kadar lemak
yang rendah tidak mengurangi cita rasa es krim karena bahan dasar pembuat
produk ini terdapat kandungan powder chocolate,
yoghurt, dan low-fat milk. Lolite Ice Cream, Slimy Creamy, Luve Litee Cream,
Froyo Ice Cream, dan Delli Ice Cream adalah variasi menu dan rasa es krim
dengan kadar lemak yang rendah.
3. Sumber Daya Manusia
Salah satu penunjang suksesnya Hill Ice Cream ialah dari
sisi SDM yang dimiliki, dalam hal ini adalah tenaga kerja. Kami akan merekrut
tenaga kerja yang professional dalam bidang gizi, dan pelayanan. Mereka adalah
orang-orang terampil yang berpengalaman, bermotivasi tinggi, komunikatif,
ramah, dan beretos kerja baik. Kenyamanan dan keamanan dalam bekerja pun akan
kami perhatikan dengan baik karena hal ini menyangkut produktifitas tenaga
kerja. Pemberian training, dan
diikutsertakannya tenaga kerja dalam berdiskusi mengenai permasalahan
perusahaan akan menimbulkan kepercayaan diri mereka. Suasana kekeluargaan dan
kehangatan hubungan antara satu karyawan dengan yang lainnya adalah kunci
sukses efektifnya tenaga kerja. Reward dan bonus sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap
karyawan, akan diberikan kepada mereka yang berprestasi. Hal ini untuk menambah
semangat dan motivasi karyawan yang bersangkutan sekaligus mendorong karyawan
lainnya untuk terus memacu potensi dirinya.
4. Fasilitas yang Menarik.
Salah satu strategi memberikan pelayanan maksimal kepada
para konsumen, adalah dengan memfasilitasi gerai dengan kebutuhan publik
seperti akses wi-fi gratis, mushola, wash-room, free parking
area, smoking and non-smoking area. Fasilitas tersebut disediakan dengan
tujuan sebagai nilai tambah bagi konsumen sehingga dapat menarik mereka untuk
berkunjung kembali. Suasana di dalam gerai ini pun akan dilengkapi dengan
berbagai macam design interior (sofa, meja, lukisan, lampu hias, pajangan,
plasmaTV, dll.) yang luxurious dan eye-catchy.
5. Metode Buffet Dan Self-Service.
Metode inilah yang membuat Hill Ice Cream unik, dan belum
pernah ada di stand es krim manapun. Konsumen dipersilahkan untuk memilih dan
berkreasi sendiri rasa es krim yang diinginkannya. Es krim di display di dalam
sebuah mesin pendingin khusus yang di design sedemikian rupa sehingga
menimbulkan ketertarikan pada konsumen. Dari beberapa rasa es krim yang
tersedia, konsumen bebas memilih rasa dan dipadukan dengan toppings yang
diinginkannya juga. Konsumen bisa mencampur adukan adonan es krim satu rasa
dengan yang lainnya sehingga nantinya rasa es krim adalah hasil kekreatifan
konsumen. Bila konsumen mengalami kesulitan dalam memilih adonan es krim,
karyawan kami akan membantunya untuk memilih rasa mixed es krim. Konsumen juga
bebas memilih penganan seperti cone, cup, waffle, atau stick. Namun, metode
buffet ini tidak berlaku untuk menu low-fat es krim karena penyajian dan bahan
bakunya pun berbeda.
2. Dua
merek atau produk yang bersaing secara frontal :
Persaingan Antara Honda dan Yamaha
Satu mesin dengan
berbagai varian. Ada beberapa syarat supaya motor bisa diterima oleh konsumen.
Diantaranya irit, bandel, dan spare-parts murah. Hal ini sudah diketahui
Honda sejak 50 tahun lalu. Makanya, strategi yang digunakan adalah membuat satu
mesin yang dapat digunakan untuk puluhan varian motor yang akan diluncurkan.
Langkah ini diakukan
Hond dengan mesin C series di bulan Agustus 1958 dengan label Super Cub C100,
4-tak pendingin udara, berkapasitas 49cc yang diproduksi di Yamato Plant. Sejak
diperkenalkan telah terjual di 160 negara. Motor inilah yang menghantarkan
perusahaan motor Jepang menjadi industri otomotif internasional. Dan siapa
sangka, C series dan keturunannya ini mampu bertahan hingga 50 tahun lamanya.
Di Indonesia, mesin C
series ini menghiasi deretan varian yang melegenda seperti C70, Super 700,
Super 800, Astrea 800, Astrea Star, Astrea Prima, Astrea Grand, Astrea Grand
Impressa. Kemudian disusul generasi Astrea Supra, Astrea Supra X, Astrea
Legenda, Astrea Legenda 2, Astrea Supra V, Astrea Supra XX, Supra Fit, New
Supra Fit, Fit S, Revo, dan Fit X. Meski kode mesin sudah berubah menjadi NF100,
basis mesin tetap sama.
Dengan hanya satu mesin,
Honda tidak perlu menghamburkan uang untuk melakukan riset buat menghadirkan
produk baru. Riset hanya difokuskan pada desain bodi, rangka, sistem suspensi,
pengereman. Karena dana riset mesin tidak keluar, maka harga motor bisa ditekan
lebih murah. Selain murah, konsumen juga diuntungkan dengan ketersediaan
spare-parts motor yang melimpah. Karena basis mesin sama, maka part subtitusi
sangat mungkin dilakukan oleh tipe motor lawas dengan motor baru.
Tapi itu dulu.
Sayangnya, kini PT. Astra Honda Motor (AHM) menghentikan produksi motor 100
cc-nya di Indonesia. Digantikan varian terbaru dengan kapasitas 110 cc dan sama
sekali baru. Sebut saja Blade yang teknologinya diambil dari CBR. Atau CS-1
yang benar-benar baru. Ini sebuah langkah berani atau justru bunuh diri. Karena
langkah ini, menuntut Honda harus terus berinovasi. Atau, memang Honda mencoba
untuk menghadirkan legenda baru pengganti C series.
Yamaha justru berlaku
kebalikannya. Di saat Honda sedang menikmati kejayaan C series di era 1958
hingga 2000, Yamaha melakukan langkah yang dilakukan Honda saat ini. Yaitu
berkutat dengan riset mesin dan varian motor. Terbukti, Yamaha rajin menelurkan
varian baru yang sama sekali berbeda dengan pendahulunya. Dan rentang
kemunculannya antara produk yang satu dengan yang lain tidak terlalu lama.
Sebut saja generasi Alfa dan Force 1. Rentangnya tidak lebih dari 10 tahun.
Satu-satunya yang sukses adalah generasi RX-King yang mampu bertahan selama 30
tahun.
Yamaha pun mengubah
strategi. Boleh juga disebut mirip dengan Honda jaman dulu. Satu mesin, buat
beberapa varian. Terlihat dari mesin Crypton yang juga digunakan Vega yang
mampu bertahan hingga sekarang. Juga Jupiter MX yang berkapasitas 135 cc.
Dengan sedikit bore up, mesin MX inipun menghuni Yamaha Vixion. Dan tidak
menutup kemungkinan dijadikan andalan buat varian baru yang nantinya bakal
dikeluarkan Yamaha. Makanya, Yamaha pun berani mengeluarkan motor yang murah,
tapi tidak murahan. Seperti klaim mereka di iklan.
Tetapi, seinovatif
apapun desain yang disuguhkan Honda dan Yamaha, konsumen tetap tahunya motor
itu harus irit, bandel, dan murah.
Perang promosi. Iklan
motor, tanpa harus naik motor. Yang penting pesannya sampai ke masyarakat.
Itulah yang disampaikan Yamaha dalam iklan-iklan mereka. Formatnya, obrolan
ringan antara sosok anak muda, bapak yang bijak yang diperankan Deddy Mizwar,
dan celetukan bapak yang polos yang diperankan Didi Petet. Kedua bapak itu
tidak pernah naik motor, hanya memberi masukan mengenai keunggulan dari Yamaha.
Sasaran yang dituju mengarah ke kalangan orang tua yang akan membelikan motor
untuk anaknya, yang secara tersirat ingin mengatakan bahwa orang tua yang bijak
akan membelikan motor Yamaha ke anaknya. Sementara untuk segemen anak muda
diisi oleh Komeng untuk mengangkat pamor Jupiter series. Digambarkan sosok
pemuda yang mengandalkan kecepatan motor yang merupakan nilai jual tinggi bagi
anak muda yang merupakan salah satu syarat bagi motor anak muda. Bahkan
Valentino Rossi pun ikut terlibat. Hasilnya sungguh luar biasa. Penjualan
Jupiter meningkat tajam mendekati Vega yang selama ini menjadi andalan Yamaha.
Bicara irit, Honda tidak
perlu diragukan lagi. Semestinya, Honda tidak perlu lagi mempromosikan keiritan
produknya. Tahun ini lebih Honda lebih mengandalkan desain. Perubahan ini
terlihat signifikan bila melihat produk Honda 10-20 tahun lalu, misalnya
generasi Astrea dimana desainnya tidak mengalami perubahan signifikan. Kini,
Honda mampu menghasilkan desain revolusioner. Ubahan tidak hanya pada desain
bodi, tetpi juga mesin. Honda memposisikan diri sebagai motor yang fashionable
dan stylish. Ibaratnya belum keren kalau belum naik Honda. Pesan ini
disampaikan oleh Agnes Monica yang disimbolkan sebagai cewek muda,
enerjik, fashionable dan stylish. Di segmen cowok diwakili
Daniel, simbol laki-laki sukses, muda, enerjik, fashionable dan stylish.
Keduanya mengisi segmen premium, yaitu Vario. Sementara di kelas anak muda
diisi oleh Afgan dan Cinta Laura, simbol ABG jaman sekarang yang cocok menggunakan
BeAT.
Yamaha Vega ZR dan Honda
Absolutely Revo. Di segmen ini pertarungan paling tajam antara Honda dan
Yamaha. Tidak hanya karena segmennya sama, tetapi juga langkah promosinya,
yaitu sama-sama menggaet grup musik papan atas sebagai partner promosi. Karena
pertimbangan ini Yamaha memilih Slank, yang dianggap mewakili masyarakat
menengah bawah, kelas yang cocok untuk pasar Vega ZR. Sementara Honda menggaet
Nidji, dengan banyak penggemar dari kalangan anak muda, yang merupakan sasaran
tembak Revo. Nidji dianggap sangat mewakili sosok Honda Revo ayng menampilkan
desain bodi baru revolusioner, desain mesin yang juga baru.
Disadari atau tidak,
komunitas motor sangat dibutuhkan oleh pabrikan motor. Klub atau komunitas
motor merupakan sarana paling efektif dalam membantu pabrikan melakukan
promosinya. Tidak hanya promosi product knowledge, bahkan image
pabrikan pun tercermin dari klub motor ini. Besarnya potensi ini disadari oleh
pabrikan, tak terkecuali Honda dan Yamaha.
Yamaha boleh berbangga
dengan dukungan loyal customer. Banyak tumbuh klub motor yang
menggunakan brand Yamaha meski tanpa dukungan langsung Yamaha.
Menjamurnya klub salah satunya dipicu munculnya Yamaha Mio. Klub matic ini
sudah terdapat ratusan di Indonesia, dan meeka terhubung satu sama lain melalui
media internet untuk menjalin komunikasi. Sampai saat ini memang belum ada
event besar yang mempertemukan mereka, karena memang Yamaha belum melakukan
support secara resmi ke komunitas. Yamaha sendiri belum membentuk divisi khusus
untuk menangani komunitas ini. Artinya, inisiatif datang dari klub.
Perhatian Honda terlihat
sangat besar dan serius menggarap komunitas. Sampai-sampai ada divisi khusus
yang mengurusi klub. Ini pening bagi mereka karena membawa pencitraan Honda
serta memberi input positif. Keseriusan Honda juga diwujudkan dengan membantu
dalam penyelenggaraan website mereka.
Pabrikan Lain:
Menyelinap diantara dua raksasa
Ketika Yamaha dan Honda
berperang, pemain lain seperti Suzuki, Kawasaki, Bajaj, TVS dan pemain motor
Cina lainnya terus mencari celah supaya tidak kena dampaknya.
Suzuki dulu pernah
besar. Di periode 2004 dan 2005 porsi penjualannya tidak jauh beda dengan
Yamaha. Berbagai cara diterapkan Suzuki untuk mengembalikannya. Salah satunya
dengan mengeluarkan berbagai varian skubek. Setelah Skywave 125, mereka
mengeluarkan Skydrive 125 yang menyasar kalangan muda. Harapannya Skydrive 125
menjadi dinamisator bagi perkembangan produk Suzuki lainnya. Hal ini karena
motor matic memang menjadi tren saat ini.
Sementara PT Kawasaki
Motor Indonesia (KMI) selaku produsen Kawasaki melihat peperangan Yamaha dan
Honda sebenarnya di motor bebek dan matic. Karena itu Kawasaki tidak masuk
kesana. Maka ide yang dikeluarkan adalah dengan mengeluarkan motor sport 250 cc
yang tidak dimiliki keduanya. Dan dengan analisis pasar, terbukti penjualan
Ninja meledak. PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) selaku produsen Bajaj juga
mengambil strategi yang unik dengan fokus pada penjualan motor sport. Mereka
mengeluarkan motor dengan variasi segmen mulai kelas bawah sampai atas.
KESIMPULAN
Dari paparan kasus dan
analisis di atas, maka dapat disimpulkan beberapa hal :
- Industri sepeda motor akan terus tumbuh melihat situasi perekonomian dan mampu menggali celah untuk mengambil kesempatan.
- Honda dan Yamaha terbukti mampu menjaga nama besarnya dengan mempunyai manajemen yang kuat dan profesional, strategi pemasaran yang bagus, pencitraan dan positioning tepat. Performa produk dan inovasi di segala lini efektif.
- Srategi Yamaha untuk melawan Honda adalah dengan memanfaatkan kelengahan. Yamaha memutuskan untuk tidak bersaing secara frontal dengan Honda yang menguasai pasar, tapi dengan mempelajari kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan pesaing, melakukan inovasi dan menyerang celah pasar yang tidak dijaga.
- Yamaha yang terus mengancam membuat Honda berbenah. Strategi berubah. Semula Honda lebih mengandalkan keiritan bahan bakarnya, maka saat ini Honda lebih mengandalkan desain.
- Promosi yang gencar dilakukan merupakan media efektif menciptakan image dan untuk mendongkrak penjualan.
- Melihat persaingan yang semakin keras antara Honda dan Yamaha, diperkirakan tahun depan akan terjadi pertarungan yang lebih seru mengingat keduanya sudah menyiapkan produk baru yang akan diluncurkan tahun depan.
- Di tengah persaingan antara dua pabrikan besar Honda dan Yamaha, pabrikan lainnya harus memiliki strategi jitu jika ingin tetap bertahan dalam persaingan.
- Mengambil segmen dimana Honda dan Yamaha tidak terlalu fokus merupakan langkah yang perlu dilakukan pabrikan lain.
3.Merek
atau produk lain yang menjadi pionir untuk industrinya di Indonesia :
1. Boneka
Barbie
Boneka Barbie yang di
produksi di Indonesia. Boneka Barbie adalah boneka cantik yang terkenal dan
terlaris di dunia. Boneka ini pertama kali di perkenalkan di American
International Toy Fair pada tahun 1959. Boneka dan aksesoris mainan yang
berasal dari Amerika Serikat ini, dibuat dengan ukuran skala kurang lebih 1/6
dari ukuran sesunguhnya. Dalam proses pembuatan boneka Barbie ini, ternyata
hanya ada 2 pabriknya di seluruh dunia. Pabrik pertama berada di China dan
pabrik kedua di Jababeka Cikarang, Jawa Barat, Indonesia.
2. Kopi Kapal Api
Didirikan pada tahun 1927
dari sebuah usaha keluarga, merek kopi ini sempat mencatat sejarah sebagai
produk Indonesia pertama yang beriklan di telivisi. Brand `Kapal Api’, oleh
pendirinya, Go Soe Loet, dipilih lantaran menjadi symbol kemapanan dan luxury di
era tahun 1920-an. Kini PT. Santos Jaya Abadi telah memiliki 5 brand kopi
dipasaran, serta diversifikasi usaha lewat Kafe Excelso dan Café Grazia. Selain
itu, kenikmatan Kopi Kapal Api juga dapat dinikmati di Malaysia, Myanmar, juga
di China.
- Buccheri
Produk-produk dari Buccheri adalah
Sepatu dan Tas Kulit. Diproduksi mulai tahun 1980 melalui PT. Vigano Cipta
Perdana. Banyak orang tak menyangka, bahwa merek besutan Ediansyah ini
merupakan produk asli buatan Indonesia. Mayoritas penikmat sepatu dan tas kulit
menyangka bahwa Buccheri adalah buatan Italia.
- Silver Queen
Silver Queen, Chunky Bar, dan Ceres,
siapa yang tak kenal dengan ketiga merek coklat ini? Tahukah anda, kalau
produsennya PT.Petra Foods, menjadi salah satu pemain utama di pasar global.
Petra Foods, perusahaan milik keluarga Chuang ini, menjadi pesaing berat
M&M’S, produsen coklat nomor wahid asal Amerika. Produk-produk dari
PT.Petra Foods tersebut juga telah merambah ke setidaknya 17 negara di antaranya
Thailand, Jepang, Filipina, Hong Kong, Australia, dan China.
- Maspion
Maspion memang perusahaan lokal yang
terkenal dengan produk alat-alat elektronik keperluan rumah tangga mulai dari
setrika, blender, kipas angin sampai AC. Perusahaan yang berpusat di Surabaya
ini memulai bisnisnya dari tahun 1960-an loh gan: dengan menghasilkan alat2
rumah tangga.
- Ide dalam pemasaran produk yang dapat menjadi pionir dalam industrinya :
Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi
komunikasi yang paling sukses di dunia dan membuat kata ‘apel’ dalam bahasa
Inggris tidak lagi bersinonim dengan nama buah.Kesuksesan Apple dalam hal
produksi dan pemasaran membuat kata kunci seperti marketing strategy of Apple
dan ‘Apple iphone marketing’ menjadi kata-kata kunci yang laris digunakan oleh
para peminat ilmu marketing yang ingin menguak atau meniru rahasia kesuksesan
Apple.
Rilis pertama produk iPhone pada tahun 2007 yang
menjadi tonggak kesuksesan Apple di abad ke-21 sebenarnya diawali oleh
perencanaan dan kampanye pemasaran yang telah disusun bertahun-tahun
sebelumnya, bukan hanya hasil pemikiran singkat. Dengan penerapan perencanaan
strategis yang teliti dan didukung dengan sumber daya yang mumpuni, Apple
berhasil meraih posisi sebagai salah satu perusahaan komunikasi tersukses di
dunia.
Walaupun Apple sudah eksis sejak bertahun-tahun
sebelumnya, pemasaran iPhone-lah yang sukses menancapkan merk Apple di benak
para pecinta teknologi komunikasi. Ada bebarapa Strategi yang dilakukan Apple
antara lain :
- Inovasi
Apple memanfaatkan produk yang sudah populer sebelumnya yaitu iPod dan
telepon genggam serta menyatukan kedua konsep tersebut. Didukung dengan riset
yang mendalam serta berbagai survey dan penelitian, Apple mampu menciptakan
produk yang menggabungkan kedua konsep produk tersebut menjadi satu konsep baru
yang tidak terasa canggung ketika dioperasikan. Bahkan iklan pertama iPhone
menggunakan kalimat “there’s never been an iPod that can do this” dan
menanamkan kesan bahwa calon pembeli akan mendapatkan yang lebih bila membeli
iPhone.
Dengan logo serta nama perusahaan yang mudah diingat, Apple menanamkan ide
bahwa barang-barang produksinya merupakan teknologi canggih yang mudah
digunakan dan user friendly, kebalikan dari pemahaman umum bahwa semakin
canggih suatu alat, semakin rumit pengoperasiannya. Hal ini juga diterapkan
dalam fitur iPhone yang menggunakan ikon-ikon yang mudah diingat di menu
utamanya.
Apple membuat website resmi khusus untuk iPhone dimana para penggunanya
dapat masuk ke situs tersebut untuk menggali segala macam hal tentang iPhone
mereka, mulai dari petunjuk umum pemakaian iPhone, tips dan trik serta update
aplikasi serta seri terbaru. Penambahan menu top rated pada daftar aplikasi
juga terbukti cenderung mendorong pemilik iPhone untuk membeli aplikasi
tersebut ketimbang bila yang dicantumkan hanya daftar aplikasi.
4.
Target pemasaran yang potensial
Apple menyadari bahwa kaum profesional muda yang jumlahnya terus berkembang
(terutama mereka yang sukses lewat bisnis online) akan menjadi konsumen alat
komunikasi canggih yang setia. Oleh karena itu, kampanye pemasaran produk
iPhone sejak seri pertama selalu menonjolkan hal-hal yang akan menarik
perhatian kaum muda dan profesional; produk yang canggih, trendi dan serba
bisa.
5.
Penyesuaian harga yang konsisten
Prinsip utama dalam marketing strategy of Apple adalah ‘the latest and the
greatest’ yang bermakna Apple harus terus menyesuaikan harga produk lama
sementara membuat produk baru, karena orang cenderung mencari unsur trendi dari
teknologi komunikasi tidak peduli walaupun produk lama masih memiliki banyak
fitur yang berguna. Inilah sebabnya mengapa Apple konsisten menurunkan harga
produk hanya setelah beberapa bulan sebelum mengeluarkan seri baru.
Jika saya menjadi manager
pada perusahaan apple , ide yang akan saya tawarkan untuk produk Iphone :
1.
Pembelian
Garansi yang dapat di isi ulang. Dengan membeli garansi 1 tahun sebesar Rp.
1.200.000. Maka customer tidak akan merasa takut jika produknya mengalami
kerusakan. Dari pembelian garansi ini, customer dapat memperoleh keuntungan
dengan tidak mengeluarkan biaya yang lebih banyak ketika terjadi kerusakan.
2.
Untuk konsumen
Lama , perusahaan akan memberikan diskon khusus jika customer membeli produk
baru serta mendapatkan diskon khusus dalam perpanjangan garansi yang telah
ditetapkan sebesar 30% dari isi ulang garansi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar