Pengertian
Manajemen Strategi adalah seni dan ilmu untuk
memformulasikan, mengimplementasi dan mengevaluasi keputusan lintas fungsi yang
memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuannya (David,2006:5).
Proses :
terdiri dari tiga tahap yaitu:
a. Tahap pertama adalah formulasi strategi, termasuk
mengembangkan visi dan misi, mengidentifikasi menentukan kekuatan dan kelemahan
internal, menetapkan tujuan jangka panjang, merumuskan alternative strategi dan
memilih strategi
tertentu yang akan dilaksanakan.
b. Tahap kedua adalah implementasi strategi, sering disebut
tahap pelaksanaan dalam manajemen strategi. Implementasi strategi meliputi
mengembangkan budaya yang mendukung strategi, menciptakan struktur organisasi
yang efektif dan mengarahkan usaha pemasaran, menyiapkan anggaran,
mengembangkan dan memberdayakan sistem informasi dan menghubungkan kinerja
karyawan dengan kinerja organisasi.
c. Tahap kedua dari proses manajemen strategi evaluasi
strategi adalah tahap final dalam manajemen strategi yang meliputi meninjau
ulang faktor eksternal dan internal yang menjadi strategi merupakan proses
manajemen yang peluang dan ancaman eksternal perusahaan,dasar strategi saat
ini, mengukur kinerja dan mengambil tindakan korektif.
Tujuan:
- Melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang dipilih secara
efektif dan efisien
- Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan strategi.
- Senantiasa memperbaharui stratgei yang dirumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
- Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bisnis yang ada
- Senantiasa melakukan inovasi atas produk agar selalu sesuai dengan selera konsumen
- Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan strategi.
- Senantiasa memperbaharui stratgei yang dirumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
- Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bisnis yang ada
- Senantiasa melakukan inovasi atas produk agar selalu sesuai dengan selera konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar